Breaking News

Kamis, 15 Januari 2015

Manfaat Sarang Semut untuk Kesehatan

Sudah sejak dulu tanaman sarang semut dimanfaatkan oleh beberapa suku di pedalaman papua, seperti suku suku di bogondini dan tolikara, sebagai obat. Biasanya mereka mengolahnya sebagai ramuan untuk mengatasi gangguan rematik dan asam urat.

Di papua, suku suku pedalaman juga menggunakan sarang semut sebagai campuran bubur dan minuman sehari hari. Mereka percaya bahwa sarang semut dapat meningkatkan imunitas tubuh dan memberikan energi.
Uniknya, suku suku di bagian tengah lembah baliem tidak mengenal sarang semut sebagai bahan obat. Itulah
sebabnya di sana sarang semut dibiarkan membusuk cabang cabang pohon.

Menurut Dr. M. Ahkam Subroto, hanya ada satu spesies Hydnophytum dan satu spesies Myrmecodia yang digunakan sebagai bahan obat oleh penduduk lokal suatu daerah tertentu di asia tenggara, yaitu Hydnophytum Formicarum Jack dan Myrcomedia Tuberosa jack. Di Indonesia Hydnophytum Formicarum,  yang di jawa disebut urek-urek polo, bentuk pastanya digunakan untuk mengobati pembengkakan, sakit kepala, dan rematik. Sedangkan air rebusannya digunakan untuk mengobati hernia dan maag. Bandingkan dengan kebiasaan masyarakat di filipina yang menggunakan air rebusan tersebut untuk mengobati liver dan masalah pencernaan.

Di thailand,  serbuk Hydnophytum Formicarum digunakan untuk antelmintik (obat cacing), tonik jantung, mengatasi penyakit tulang, penyakit kulit, penyakit paru-paru, sakit di persendian, dan sebagai bahan campuran untuk obat anti-diabetes. Di malaysia, air rebusannya digunakan untuk mengobati kanker.  sedangkan di vietnam, tumbuhan ini digunakan untuk mengobati hepatitis, rematik, dan diare.

Di Indonesia, pasta dari Spesies myrmecodia tuberosa, atau disebut "rumah semut", gunakan untuk mengobati pembengkakan dan sakit kepala. Selain itu, spesies myrmocodia pendans juga digunakan secara tradisional oleh penduduk lokal tertentu di papua untuk menyembuhkan beragam gangguan kesehatan,  namun tidak jelas jenis jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan sarang semut jenis ini.

Menurut peneliti dari fakultas farmasi universitas gajah mada yogyakarta, Ediati Sasmito, umbi tanaman sarang semut bisa di jadikan obat beberapa penyakit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan daya tahan tubuh. Alasannya, umbi tersebut mengandung zat aktif imunomodulator atau zat pengaktif system kekebalan tubuh manusia. Menurutnya, umbi itu merupakan obat yang bersifat  panasea yang dapat mengobati segala macam penyakit, mulai dari penyakit ringan seperti wasir dan rematik hingga penyakit berat, misalnya kanker payudara dan kanker prostat.




Anda bisa mendapatkan Sarang Semut Asli Papua Di  Semarang

Alamat Agen Semarang : Bapak Ahmad Fauzi. Jalan Kebonharjo RT 08 RW 02 No. 10 Tanjung Mas Semarang Utara (belakang St. Tawang Semarang)

No. Telp dan BBM :  0819 5822 2226 / 0823 5822 2226 dan 311316E1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar